Perpustakaan Fakultas Teknik

Universitas Mataram

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir Mesin

PERHITUNGAN LAJU KOROSI DAN PERANCANGAN SISTEM PROTEKSI KATODIK ANODA KORBAN DI LAMBUNG KAPAL TUGBOAT BONTANG O4 PT BADAK NGL BONTANG

Rianova Ardi Saputra - Nama Orang;

Korosi yang terjadi berbeda pada tiap-tiap titik pelat lambung kapal karena adanya perbedaan laju korosi. Sehingga sangat penting mengetahui laju korosi tiap-tiap titik pelat. Pengendalian korosi dilakukan dengan sistem proteksi coating dan proteksi katodik anoda korban.
Pada penelitian ini, laju korosi dihitung menggunakan metode Weight Gain Loss (WGL), dalam pengukuran tebal pelat menggunakan metode ultrasonic test (UT) oleh PT BKI. Untuk mengetahui keadaan proteksi kapal, dilakukan evaluasi sistem proteksi kapal. Selain itu juga dianalisa jumlah dan posisi anoda korban pada kapal. Sehingga dilakukan perancangan ulang sistem proteksi katodik anoda korban dengan mengarah pada standar yang dikeluarkan PT BKI. Setelah itu dilakukan prediksi nilai laju korosi dengan menggunakan hasil rancangan sistem proteksi katodik.
Hasil penelitian ini menunjukkan laju korosi tertinggi terjadi pada bagian tengah kapal (midship) dan bagian portside (kiri) lambung kapal untuk setiap lajur pelat, yaitu pada pelat lunas (K) titik K3 yaitu 0.37 mm/th, pelat alas (A) titik A4 yaitu 1.05 mm/th, pelat bilga (B) titik B4 yaitu 0.62 mm/th dan pelat sisi (C) titik C5 yaitu 0.39 mm/th. Namun, jumlah anoda yang terpasang 31 buah dengan posisi yang tidak beraturan. Sehingga dilakukan perancangan ulang dengan hasil jumlah anoda korban total 56 buah. Dengan rancangan tersebut diperoleh prediksi nilai laju korosi lebih rendah yaitu pada pelat lunas (K) adalah 0.073 mm/th, pelat alas (A) adalah 0.021 mm/th, pelat bilga (B) adalah 0.013 mm/th dan pelat sisi (C) adalah 0.014 mm/th.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
620.112 23[20]Rin.p
Penerbit
UNRAM : Fakultas Teknik Unram., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620.112 23[20]
Tipe Isi
other
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
other (computer)
Edisi
Edisi 1 Jilid 1
Subjek
Karat dan anti karat
Laju korosi
proteksi katodik
anoda korban
ultrasonic test
lambung kapal
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ardi Saputra,Rianova
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PERHITUNGAN LAJU KOROSI DAN PERANCANGAN SISTEM PROTEKSI KATODIK ANODA KORBAN DI LAMBUNG KAPAL TUGBOAT BONTANG O4 PT BADAK NGL BONTANG
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Teknik
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Ruang Baca Fakultas Teknik

Kami menyedian Buku ajar ilmu teknik dan Tugas Akhir mahaiswa Fakultas Teknik Universitas Mataram

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik