Tugas Akhir Sipil
ANALISA PENGUKURAN KINERJA PELABUHAN LAUT LEMBAR BERDASARKAN KRITERIA KINERJA PELABUHAN
Sebuah pelabuhan dikatakan memiliki tingkat pelayanan yang baik jika waktu yang diperlukan
untuk bongkar dan muat barang lebih singkat dari jadwal yang diberikan sehingga tidak mengganggu
jadwal kapal-kapal lain yang akan berlabuh. Untuk mengetahui kinerja pelayanan dari suatu pelabuhan,
perlu dilakukan suatu pengukuran semua kegiatan pelabuhan agar diperoleh suatu ukuran produk jasa
semua komponen yaitu kinerja operasional pelabuhan yang dikelompokkan berdasarkan jenis layanan,
terdiri dari kinerja pelayanan, produktivitas dan utilitas yang secara keseluruhan meliputi sembilan
indikator jenis layanan.
Untuk mengukur nilai indikator tersebut, dibutuhkan data primer meliputi data waktu kapal mulai
memasuki kolam pelabuhan sampai dengan kapal melepaskan kembali tali tambatan dari dermaga. Data
pendukung lain diperoleh dari instansi teknis terkait sebagai data sekunder. Analisis kinerja dilakukan
sesuai dengan pedoman Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Laut khususnya kriteria kinerja untuk
Pelabuhan Laut Lembar.
Dari hasil analisis sembilan indikator dapat disimpulkan bahwa kinerja Pelabuhan Laut Lembar
dapat dikategori cukup baik dari sisi pelayanan dan produktivitas. Sementara dari uttilitas pelabuhan,
kinerja operasional pelayanan masih kurang baik.
Kata kunci: Pelabuhan laut, kinerja, indikator kinerja.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain